Penderita Diabetes, Berikut Porsi dan Beras yang Harus Kalian Pahami

Penderita Diabetes, Berikut Porsi dan Beras yang Harus Kalian Pahami


JAKARTA - Bagi para penderita diabetes kalian harus bisa mengatur porsi makan kalian agar penyakit tersebut tidak menguasai tubuh kalian.


Bagi sebagian besar orang Indonesia, belum makan kalau belum menyantap nasi. Karena, nasi memang menjadi makanan pokok warga Nusantara.


Memang betul, nasi merupakan satu makanan yang nilai indeks glikemiknya tinggi. Maka dari itu, kata Founder Of Powerfit Indonesia Martina Tience Kelyombar, makanan utama orang Indonesia ini bisa cepat meningkatkan kadar gula darah, khususnya pada kalian, penderita diabetes.


Maka dari itu, nusantaraterkini.co mencoba menilik dari berbagai sumber mengenai tips makanan untuk bagi penderita diabetes.


Jangan Makan Nasi Goreng


Nasi goreng merupakan satu makanan yang paling digemari masyarakat Indonesia, karena rasanya yang enak, gampang dibuat, dan harganya juga terjangkau.


Namun, bagi kalian penderita diabetes direkomendasikan tidak mengonsumsi nasi goreng. Selain karena tingginya kandungan minyak, nasi goreng juga bisa meningkatkan jumlah kalori sehingga bisa memengaruhi kadar gula darah secara drastis.


Jaga Porsi Makanan


Jika memang sudah terbiasa, kalian dapat mengakalinya dengan mengurangi porsi nasi yang dikonsumsi. Misalnya, apabila kalian biasa mengonsumsi satu piring penuh, coba kurangi porsinya menjadi tiga perempat selama beberapa hari.


Setelah beberapa hari, kata wanita yang akrab disapa Coach Tience ini, kurangi lagi porsi menjadi setengah piring. Semakin lama kalian akan terbiasa mengonsumsi sedikit nasi dan memperbanyak lauk seperti protein, sayur dan buah. Gula darah pun akan terkontrol.


Ganti Tipe Nasi


Nasi putih memiliki indeks glikemik yang tinggi. Untuk kalian penderita diabetes, lebih baik memilih nasi merah (Brown Rice), beras liar (wild rice), dan beras putih yang bulir panjang (long-grain White rice).


Ketiga tipe nasi tersebut, memiliki kandungan serat, nutrisi dan vitamin yang lebih tinggi dibandingkan nasi putih biasa. Namun, terkadang susah untuk langsung mengubah tipe nasi. Kalian juga dapat memulai dengan mencampur terlebih dahulu.


Misalnya, kata Coach Tience, mulai dari tiga seperempat nasi putih dan seperempat nasi merah. Lama kelamaan, kalian akan terbiasa. Kalian juga dapat mengubah tipe nasi untuk makanan sehari-hari kalian.


Beras Basmati


Beras Basmati merupakan satu jenis beras paling sehat untuk para penderita diabetes. Jenis beras ini, kata Coach Tience, memiliki indeks glikemik sekitar 43-60 yang termasuk dalam kategori indeks glikemik rendah sampai sedang.


Sekitar 100 gram Beras Basmati putih yang sudah dimasak mengandung 150 kalori, 3 gram protein, dan 35 gram karbohidrat. Sedangkan 100 gram Beras Basmati cokelat lebih kaya akan serat.


Itulah tadi empat poin yang harus kalian para penderita diabetes ketahui agar terbiasa dan penyakit tersebut tidak menguasai tubuh kalian. Semoga bermanfaat. (*)


Sumber Nusantaraterkini.co