Pembuluh Darah Kalian Kotor? Berikut 5 yang Harus Dilakukan Agar Bersih

Pembuluh Darah Kalian Kotor? Berikut 5 yang Harus Dilakukan Agar Bersih

JAKARTA - Pembuluh darah yang dipenuhi dengan plak seiring waktu bisa menyebabkan aliran darah sehingga memicu masalah kesehatan. Meskipun lebar pembuluh darah relatif kecil, panjangnya ternyata bisa mengelilingi satu dunia.

Panjang pembuluh darah lebih dari 60 ribu mil, sedangkan keliling bumi 24.873,6 mil. Berarti panjang pembuluh darah dua kali lipat dari bumi.

Karena panjangnya itu, tidak menutup kemungkinan ada kotoran yang menempel di jaringan pembuluh darah. Apabila sudah ada kotoran, aliran darah ke seluruh organ terutama otak, tidak berjalan optimal. Oksigen sulit masuk ke otak, sementara bakteri dan zat berbahaya lainnya perlahan mengendap di sel organ tersebut.

Maka dari itu, nusantaraterkini.co mencoba menilik cara membersihkan pembuluh darah secara alami dengan melakukan 5 kebiasaan yang mungkin sering kalian lakukan, seperti:

1. Jangan Stres

Stres, bisa menyebabkan pembuluh darah kalian menjadi terganggu. Lantas, bagaimana caranya" karena di mana-mana ketemu stres. Itulah, kata Founder Of Powerfit Indonesia Martina Tience Kelyombar, penting mengatur dan mengatasi stres tersebut dengan melakukan hobi kalian.

Selain itu, kalian juga bisa melakukan olahraga, karena dengan olahraga bisa menghasilkan hormon endorfin atau hormon kebahagiaan. "Soalnya stres itu penyebab hormon-hormon pada tubuh menghasilkan sel radang dan itulah sumber penyakit," kata Martina Tience Kelyombar, Selasa (9/1/2024).

2. Berhenti Merokok

Rokok memiliki zat yang menyebabkan pembuluh darah kalian menjadi tidak elastis dan membuat darah kalian lebih lengket. "Sehingga lambat laun ada plak kemudian penyumbatan pembuluh darah," kata wanita yang akrab disapa Coach Tience ini.

Alhasil bisa mengalami penyakit jantung. Kalau sudah begini, sambungnya, memasang ring pun jadi percuma. Pembuluh darah, kata Coach Tience, memang jadi terbuka tapi karena darah sudah lengket dan banyak sel radang, sumbatan tetap terjadi.

3. Jaga Berat Badan Tetap Ideal

Kalian harus menjaga kondisi berat badan agar tetap ideal. Karena, kata Coach Tience kalau kegemukan, sel lemak menghasilkan sel radang yang dapat merusak pembuluh darah.

"Jadi kalian harus menurunkan lemak dalam tubuh. Bisa dengan cara olahraga, angkat beban, dan aerobik. Pokoknya kita menaikkan massa otot," kata Founder Of Powerfit Indonesia Martina Tience Kelyombar.

Setelah itu, sambung Coach Tience, kalian juga bisa menjaga pola makan agar perlahan lemaknya menurun jadi tidak ada lagi istilah "Gak papa gemuk yang penting sehat".

4. Olahraga

Tubuh akan menghasilkan miokin yang terjadi ketika kontraksi otot seperti berlari, angkat beban. "Pokoknya berolahraga deh," ajak Coach Tience.

Ia menegaskan dengan berolahraga kalian bisa terhindar dari penyakit penyumbatan pada pembuluh darah. Karena, sambungnya, dengan berolahraga bisa menurunkan sel radang dan meningkatkan elastisitas dari pembuluh darah dan juga melatih otot jantung. "Jadi, olahraga ternyata obat yang bagus agar untuk membersihkan pembuluh darah kalian," ujarnya.

5. Konsumsi Buah dan Sayur

Indonesia kaya akan buah dan sayuran. Maka dari itu, apabila kalian ingin pembuluh darah kalian bersih tanpa ada flek selain yang empat di atas diterangkan nusantaraterkini.co, kalian juga bisa menggunakan bahan alami yang sangat bagus, malah dianjurkan.

Misalnya dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Karena manfaat dari keduanya yakni dikarenakan keduanya memiliki antioksidan yang tinggi dan juga memiliki efek antiradang.

Itulah tadi 5 cara agar kalian bisa membersihkan pembuluh darah kalian agar tidak ada kotoran sehingga membuat kalian tetap segar dan sehat dalam menjalani rutinitas. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber Nusantaraterkini.co