Anak Bisa Sukses Kalau Orangtua Tidak Bermental Miskin

Anak Bisa Sukses Kalau Orangtua Tidak Bermental Miskin

JAKARTA - Cara didik orangtua sangat berpengaruh kepada pembentukan karakter seorang anak. Maka dari itu, orangtua perlu memikirkan apa yang harus diucapkan serta tindakan terhadap anak apabila menginginkan buah hati kalian sukses di masa depan.

Apapun yang dikatakan orangtua akan diterima seorang anak sebagai kenyataan. Penting bagi kalian, para orangtua untuk memerhatikan cara berkomunikasi di depan anak.

Pakar parenting Amy Morin dari bukunya yang bertajuk "13 Things Mentally Strong Parents Don't Do" menyatakan satu ucapan toksik yang tidak disadari bisa berdampak buruk terhadap anak.

Mental yang miskin akan menjadi satu hambatan terbesar bagi orang yang ingin mencapai kesuksesan.

Satu contoh misalnya: "Ayah-bunda tidak akan pernah mampu membelinya."

Apabila anak menginginkan sesuatu yang sangat mahal, jangan sesekali bersikeras mengatakan bahwa barang tersebut tidak akan pernah bisa dibeli karena keuangan orangtua yang terbatas, jangan.

Sebaliknya, tunjukkan kepada anak bahwa kalian bisa mengelola keuangan. Menurut Morin, dilansir dari laman nusantaraterkini.co pada Selasa (2/1/2024) dibandingkan kalimat "Ayah dan Bunda enggak bakal bisa beli rumah besar untuk kita," Lebih baik kalian berkata "Ayah dan bunda mau membeli rumah besar untuk kita suatu hari nanti, tapi enggak bisa sekarang karena uangnya belum cukup. Ayah dan Bunda mau mengembangkan keterampilan di tempat kerja dulu biar bisa dapat kenaikan gaji dan menabung,".

Apabila kalian menggunakan kalimat mengelola keuangan yang cerdas, secara tidak langsung anak akan tumbuh dengan memahami jika mereka menginginkan sesuatu, mereka harus menabung dan menyusun skala prioritasnya.

Hal tersebut, merupakan satu modal yang dibutuhkan anak agar bisa tumbuh sukses di masa depan. Sebaliknya, orangtua yang menggunakan kalimat bermental miskin, secara tidak langsung menyebabkan anak tumbuh dengan mentalitas korban atau percaya bahwa mereka tidak bisa berhasil. (*)

Sumber Nusantaraterkini.co