5 Cara Merawat Mata agar Tetap Sehat dan Jernih

5 Cara Merawat Mata agar Tetap Sehat dan Jernih


JAKARTA - Mata merupakan panca indra yang kesehatannya perlu dijaga agar kalian bisa terus melihat dengan jelas tanpa bantuan kacamata.


Karena, bagian tubuh yang satu ini tergolong penting dalam segala rutinitas. Saat mata sudah mengalami gangguan, cara mengatasinya mungkin tidak akan mudah. Bahkan, beberapa kerusakan mata bisa saja berdampak negatif.


Untuk itu, nusantaraterkini.co mencoba menilik dari berbagai sumber cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih sehingga rutinitas kalian tidak terganggu.


1. Istirahat dari Komputer


Terlalu lama menatap layar komputer atau laptop serta gadget juga bisa meningkatkan risiko kerusakan pada mata. Hal ini bisa menyebabkan mata kering dan tegang, pandangan menjadi kabur, nyeri pada leher, sakit kepala, sakit pada bahu dan punggung serta sulit fokus menatap kejauhan.


Apabila memang diharuskan untuk bekerja di depan komputer, pastikan untuk selalu mengambil waktu istirahat seperti dengan mengalihkan pandangan setiap 20 menit.


Cobalah untuk melihat objek yang jauh di depan yang bertujuan untuk mengurangi ketegangan pada mata.


2. Konsumsi Buah dan Sayuran


Menghindari beberapa hal demi menjaga kesehatan mata memang dianjurkan, namun juga perlu diimbangi dengan pola nutrisi yang bergizi. Mengonsumsi buah dan sayuran memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan mata. 


Buah dengan kandungan vitamin A, Vitamin C seperti tomat dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata.


Buah alpukat juga memiliki kandungan Lutein yang bermanfaat untuk mencegah degenerasi mata katarak dan macular. Buah lain yang memiliki kandungan vitamin A di dalamnya yakni, pisang. Vitamin A itu sendiri dapat bermanfaat menjaga kesehatan mata.


Kalangan sayuran untuk kesehatan mata seperti brokoli dan wortel. Di mana keduanya memiliki kandungan Zeaxanthin dan Lutein yang mampu melindungi mata dari sinar UV.


Di dalam wortel juga memiliki kandungan Beta Karoten, Vitamin B6 dan C, Kalsium, Kalium, Fosfor dan serat. Kandungan tersebut akan diubah tubuh menjadi vitamin A.


3. Pastikan Mata Dapat Istirahat yang Cukup


Satu cara menjaga kesehatan mata agar tetap sehat yakni dengan mengistirahatkan mata. Seperti, dengan menghindari bermain gadget dan komputer dalam waktu yang sama.


Aktivitas tersebut bisa saja membuat kalian lupa mengedipkan mata yang berakibatkan membuat mata terasa lelah. Untuk mengurangi kelelahan mata, cobalah untuk menerapkan aturan 20-20-20 yang artinya setiap 20 menit, lihatlah sekitar 20 tempat kamu berada selama 20 detik.


4. Kompres Mata dengan Mentimun


Kompres mata dengan irisan mentimun juga merupakan satu cara menjaga kesehatan mata secara alami. Sensasi dingin dan segar yang muncul setelah mengompres dengan irisan mentimun dapat mencegah mata bengkak dan kantung mata.


Lakukan kompres mata dengan irisan mentimun kurang lebih 10 menit dan dilakukan sebelum tidur. Kalian harus lakukan secara teratur agar hasilnya optimal.


5. Gunakan Kacamata Hitam 


Bukan hanya kulit yang perlu kalian jaga selama berada di ruangan terbuka, mata pun demikian. Namun, tentunya hal tersebut dilakukan dengan cara yang berbeda.


Saat cuaca terik, bahkan sedikit mendung sekalipun, sebaiknya gunakan kacamata hitam untuk melindungi mata kalian dari paparan sinar UV matahari.


Kacamata yang dilengkapi dengan lensa anti radiasi mampu membantu melindungi mata kalian. Paparan radiasi UV berlebihan meningkatkan risiko katarak dan degenerasi makula. Maka dari itu, pilih kacamata yang dapat menghalangi sinar UVA dan UVB hingga 99 persen.


Pastikan lensa dapat melindungi mata kalian secara keseluruhan dengan memilih lensa yang menutupi mata kalian dari depan dan samping. Kacamata hitam yang berkualitas baik dapat mengurangi silau saat mengemudi sehingga tidak membuat mata kalian sakit.


Jika kalian memakai lensa kontak, pilih juga lensa yang dilengkapi dengan perlindungan sinar UV. Atau, kalian bisa tetap menggunakan kacamata hitam untuk mendapatkan perlindungan tambahan.


Itulah tadi 5 cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih yang harus kalian lakukan. Semoga bermanfaat. (*)


Sumber Nusantaraterkini.co