Pola Hidup Sehat yang Penuh Manfaat

Pola Hidup Sehat yang Penuh Manfaat

JAKARTA - Pola hidup erat yang penuh manfaat setiap orang sangat dipengaruhi oleh kebiasaan atau gaya hidup sehari-hari.

Kebiasaan inilah yang akan berdampak pada kesehatan tubuh hingga jangka panjang. Itulah kenapa, setiap orang dianjurkan untuk menerapkan pola hidup sehat agar berdampak baik terhadap kondisi fisik maupun mental.

Saat fisik dan mentah sehat, maka segala aktivitas harian bisa lebih lancar dan produktivitas pun meningkat. Namun sayangnya, saat ini banyak pula yang tidak menerapkan pola hidup sehat karena berbagai faktor, mulai dari aktivitas yang padat, tidak terbiasa mengkonsumsi makanan sehat, tidak pernah olahraga dan melakukan kebiasaan buruk lain.

Menerapkan pola hidup sehat sebenarnya bisa dimulai dari kebiasaan kecil yang kalian lakukan setiap hari. Menerapkan pola hidup seperti ini bukan hanya bermanfaat untuk masa sekarang, tetapi juga sangat penting untuk kesehatan di masa depan.

Maka dari itu, nusantaraterkini.co mencoba menilik pola hidup sehat yang penuh manfaat yang dilansir dari berbagai sumber dan harus kalian lakukan.

Mencegah dari Berbagai Jenis Penyakit

Hal paling mendasar yang akan kalian rasakan ketika menjalankan pola hidup sehat tentu adalah berkurangnya risiko terkena berbagai penyakit. Termasuk penyakit bawaan yang mungkin diturunkan dari keluarga.

Hal ini sesuai dengan penelitian dilakukan oleh American College of Physicians pada Mei 2020 lalu, terhadap 326 orang dewasa berusia sekitar 45 tahun.

Para peserta diminta mengikuti diet kebiasaan Amerika, yakni kaya buah dan sayuran dalam jangka waktu 8 minggu. Hasilnya, menunjukkan penurunan risiko untuk penyakit kardiovaskular.

Manfaat pola hidup sehat, kata Founder Of Powerfit Indonesia Martina Tience Kelyombar di masa pandemi kemarin juga sangat terasa. Pola makan yang tidak baik dapat menyebabkan penyakit diabetes dengan risiko kematian tinggi saat terkena corona. Sebaliknya mereka yang daya tahan tubuhnya baik, akhirnya tidak mengalami gejala apapun saat terkena corona atau tanpa gejala.

Meningkatkan Produktivitas 

Karena kesehatan badan terjaga dan memiliki banyak energi, otomatis produktivitas juga akan meningkat. Kalian bisa melakukan kegiatan sehari-hari dan bahkan mewujudkan impianmu tanpa hambatan.

Memakan makanan yang bernutrisi juga ternyata berpengaruh terhadap fungsi otak. Selain menyehatkan badan, otak juga dapat berfungsi lebih optimal dan kalian pun bisa melakukan aktivitas secara lebih produktif lagi.

Penuhi Kebutuhan Air Mineral

Banyak orang yang sering mengabaikan kebutuhan asupan air mineral. Padahal, mencukupi kebutuhan air mineral dapat membantu tubuh menjalankan fungsi sebagaimana mestinya.

Karena air dikeluarkan setiap hari melalui buang air kecil, buang air besar, dan keringat. "Untuk itu, kalian perlu kembali mengisi jumlah air di tubuh secara rutin," kata wanita yang akrab disapa Coach Tience ini, Kamis (28/12/2023).

Atur Waktu Makan

Kebiasaan satu ini terlihat sering dianggap remeh. Padahal, kata Martina Tience Kelyombar, makan di waktu teratur dapat memberikan sinyal baik bagi sistem metabolisme tubuh kalian.

Jadi, apabila kalian terbiasa sarapan di jam 7 pagi, maka sebaiknya jam makan pagi seterusnya harus begitu pula. Sebab, sambung Coach Tience, tubuh kalian menerima makanan secara maksimal di waktu kalian sarapan biasanya.

Istirahat yang Cukup

Memiliki tidur cukup merupakan satu contoh pola hidup sehat yang penting diterapkan karena menjadi kunci dari pikiran dan tubuh yang sehat. Kurang tidur dapat menyebabkan menurunnya imunitas, menguras energi, sampai mengganggu suasana hati.

Selain itu, kata Founder Of Powerfit Indonesia Martina Tience Kelyombar kalian juga perlu memperhatikan kualitas tidur supaya mendapat manfaat yang lebih optimal. Beberapa hal yang bisa kalian lakukan sebelum tidur antara lain mengurangi asupan kafein, membersihkan diri dan ruang tidur serta mendengarkan musik.

Itulah tadi 5 cara pola hidup sehat dan bermanfaat yang patut kalian lakukan agar kehidupan kalian bisa lebih bermakna. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber Nusantaraterkini.co