Olahraga yang Cocok untuk Menurunkan Berat Badan

Olahraga yang Cocok untuk Menurunkan Berat Badan

JAKARTA - Bagi kalian yang memiliki berat badan yang melebihi dari bobot proporsional, sangat dianjurkan untuk berolahraga. Karena, memiliki berat badan yang ideal juga dapat menurunkan risiko seseorang terserang berbagai penyakit.

Sehingga tidak heran apabila banyak orang ingin mengetahui jenis olahraga menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak pada tubuh.

Untuk itu, nusantaraterkini.co berusaha untuk menilik dari berbagai sumber olahraga yang cocok untuk menurunkan berat badan yang bisa kalian lakukan, seperti:

Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan satu pilihan olahraga menurunkan berat badan yang mudah untuk kalian lakukan. Olahraga ini tidak memerlukan perlengkapan khusus, bahkan bisa dilakukan kapan dan di mana saja.

Perlu diketahui bahwa berjalan kaki selama 30 menit mampu membakar kurang lebih sebanyak 167 kalori. Setelah terbiasa melakukannya, kalian dapat meningkatkan durasinya. Semakin lama durasi berjalan kaki, maka semakin banyak kalori yang terbakar.

Berenang 

Olahraga menurunkan berat badan berikutnya, kata Founder Of Powerfit Indonesia Martina Tience Kelyombar adalah berenang. Berenang terkenal sebagai olahraga yang cukup menyenangkan. Bahkan, kata wanita yang akrab disapa Coach Tience ini, selain bisa menurunkan berat badan, olahraga ini juga dapat membantu meringankan rasa cemas atau stres.

Olahraga renang dengan gaya punggung selama 30 menit diketahui dapat membakar sekitar 298 kalori. Sementara itu, aku pemilik nama lengkap Martina Tience Kelyombar ini renang dengan gaya bebas bisa membakar kalori sebanyak 372, dan gaya kupu-kupu sebanyak 405 kalori dengan intensitas dan durasi yang sama.

Bersepeda

Bersepeda tidak hanya berfungsi sebagai alat transportasi, tetapi juga bisa menjadi pilihan olahraga yang menyenangkan untuk membantu menurunkan berat badan.

Bersepeda di luar ruangan, kata Founder Of Powerfit Indonesia Martina Tience Kelyombar, dapat membakar sekitar 280 sampai 360 kalori. Sedangkan sepeda statis dapat membakar sekitar 250-180 kalori dalam durasi 30 menit.

Manfaat bersepeda, katanya, tidak hanya membantu mengurangi berat badan. "Tapi juga memiliki dampak positif bagi kesehatan secara keseluruhan," ujar Coach Tience.

Bela Diri

Bela diri atau martial art bisa jadi pilihan olahraga penurunan berat badan dengan tantangan cukup tinggi. Ada berbagai jenis olahraga bela diri yang kini bisa kalian lakukan, antara lain pencak silat, tinju, muaythai, karate, taekwondo dan lainnya.

Setiap jenis bela diri, kata Coach Tience memiliki ciri khas masing-masing, termasuk jumlah kalori yang terbakar setiap kali kalian latihan.

Contohnya, karate, taekwondo, dan muaythai mampu membakar 590-931 kalori per jam. Sementara tinju, bisa membakar 708-1.117 kalori per jam apabila kalian melakukan latih tanding di atas ring.

"Kalian sebaiknya tidak latihan sendiri. Ikuti kursus atau kelas khusus perlu kalian lakukan untuk bisa menguasai berbagai gerakan dengan benar, sekaligus menghindari resiko cidera," kata Coach Tience.

Yoga

Walaupun yoga biasanya dilakukan secara bersama-sama, olahraga untuk menurunkan berat badanmu ini pun dapat dilakukan sendirian. Terlebih sekarang sudah ada banyak video di YouTube yang bisa mengajarkan yoga online, sehingga kalian tidak perlu khawatir bila harus melakukannya tanpa ada instruktur.

Yoga terbukti dapat mengurangi berat badan, meskipun jumlah kalori yang dibakar tidak begitu banyak. Melakukan olahraga yoga selama 40 menit bisa membakar sebanyak 149 kalori.

Tidak hanya itu, kata Coach Tience, yoga juga bermanfaat untuk kesehatan mental. "Kalian dapat lebih mengontrol hawa nafsu dan tubuhmu seperti nafsu makan berlebihan dan kurang sehat. Tentunya hal tersebut sangat untuk membantu tubuh kalian mengatur pola makan ketika diet," ujar Founder Of Powerfit Indonesia Martina Tience Kelyombar.

Itulah tadi 5 olahraga yang cocok kalian lakoni apabila ingin menurunkan berat badan menjadi lebih proporsional. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber Nusantaraterkini.co