Menjaga Kesehatan saat Musim Hujan

Menjaga Kesehatan saat Musim Hujan

JAKARTA - Musim hujan dapat memberikan efek yang signifikan pada kesehatan kalian. Untuk itu, perlu kalian menjaga kesehatan saat musim hujan tiba. Satu sisi, hujan dapat membantu membersihkan udara dari polusi dan mengurangi suhu udara yang tinggi.

Namun, di sisi lain, hujan juga dapat memperburuk masalah kesehatan tertentu seperti infeksi saluran pernapasan dan kulit. Selama musim hujan, risiko terkena flu, batuk dan pilek lebih tinggi karena kelembapan udara yang tinggi dan suhu yang rendah.

Untuk itu, nusantaraterkini.co mencoba menilik cara menjaga kesehatan saat musim hujan tiba dari beberapa sumber yang harus kalian lakukan agar terhindar dari penyakit yang acapkali menimpa dikala musim penghujan tiba.

Konsumsi Makanan Bergizi

Konsumsi makanan yang kaya nutrisi seperti sayuran, buah-buatan, biji-biji an, dan protein tanpa lemak, dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan memberikan energi yang diperlukan untuk menghadapi cuaca ekstrem.

Hindari Tempat yang Lembab

Tempat seperti kamar mandi atau ruangan yang lembab dapat memperburuk gejala penyakit dan menyebar penyakit. Pastikan ruangan kalian terawat dengan baik dan mempertahankan kelembapan yang sehat.

Rutin Mencuci Tangan

Saat musim penghujan tiba, kalian agar tetap sehat harus rutin mencuci tangan dengan sabun. Itu bertujuan untuk meminimalisir infeksi virus dan juga bakteri yang berbahaya bagi kesehatan.

Minum Air Putih

Minum air putih yang cukup bertujuan karena dengan tercukupinya kebutuhan air harian, maka zat yang tidak diperlukan tubuh akan terbuang. 

Selain itu, air putih juga dapat membantu menyingkirkan dahak atau lendir bagi pasien penderita flu. Dengan meminum air putih yang cukup mudah-mudahan tubuh kalian akan kuat dan tidak gampang sakit saat musim hujan tiba.

Olahraga Secara Teratur

Selama musim hujan tiba, banyak orang yang menjadi malas untuk keluar rumah, apalagi berolahraga. Padahal, kata Founder Of Powertif Indonesia Martina Tience Kelyombar mengatakan melakukan aktivitas fisik dapat membuat tubuh tetap sehat saat musim hujan tiba.

Tanpa harus keluar rumah, kalian bisa berolahraga di dalam ruangan dengan bantuan video panduan. Untuk memastikan tubuh tetap sehat saat musim hujan, kalian bisa melakukan olahraga secara rutin dengan durasi 30-50 menit setiap sesinya.

"3 sampai 5 kali seminggu . Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum berolahraga dan pendinginan setelah selesai berolahraga," katanya.

Itulah tadi, 5 cara yang wajib kamu lakukan untuk menjaga kesehatan saat musim hujan yang tengah melanda. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber Nusantaraterkini.co