Memenuhi Kebutuhan Nutrisi yang Cocok pada Tubuh

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi yang Cocok pada Tubuh

JAKARTA - Nutrisi merupakan proses pemasukan dan pengolahan zat makanan oleh tubuh. Dalam artian makanan bergizi, nutrisi menjadi kunci untuk mencegah dan menurunkan risiko penyakit kronis sehingga kalian bisa hidup sehat yang berkualitas.

Founder Of Powerfit Indonesia Martina Tience Kelyombar menjelaskan setiap nutrisi memiliki fungsi dan perannya masing-masing. Maka dari itu, penting bagi kalian untuk mengetahui apa saja jenis nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Untuk itu, nusantaraterkini.co mencoba menilik cara memenuhi nutrisi pada tubuh yang dilansir dari beberapa sumber. 

Konsumsi 4 Sehat 5 Sempurna

Saat masih kecil, kalian selalu diingatkan harus selalu menyantap makanan empat sehat lima sempurna. Namun, ketika dewasa, pola makan empat sehat lima sempurna seolah terlupakan. 

Padahal, kata Founder Of Powerfit Indonesia Martina Tience Kelyombar, pola makan yang digalakkan sejak tahun 1955 ini sengaja dibuat agar masyarakat Indonesia bisa memahami pola makan yang benar.

Pola makan empat sehat lima sempurna ini meliputi 5 unsur, yakni karbohidrat sebagai makanan pokok, lauk pauk sebagai asupan protein, sayur mayur sebagai asupan serat, buah-buahan sebagai asupan vitamin, dan susu yang bisa melengkapi gizi dan nutrisi ke empatnya.

Setelah dari gizi dan nutrisi ini, kalian harus selalu memastikan asupan empat sehat lima sempurna tersebut ada pada santapan makanan kalian ya.

Konsumsi Lauk Pauk Berprotein Tinggi

Terdapat dua jenis protein yang perlu dikonsumsi setiap harinya, yakni protein hewani seperti daging sapi, daging ayam, ikan, susu, dan telur serta protein nabati seperti tempe, tahu, oncom, kacang hijau, dan lain sebagainya.

Secara umum, kata Martina Tience Kelyombar, konsumsi protein yang dianjurkan adalah sebanyak 2 sampai 4 porsi setiap hari. Wanita yang akrab disapa Coach Tience ini pun memisalkan konsumsi protein dalam satu hari dapat dibagi menjadi beberapa waktu, seperti 1 porsi daging ikan saat sarapan, satu sampai dua telur rebus saat makan siang, dan segelas susu pada malam hari.

Penuhi Gizi Seimbang

Pola makan gizi digambarkan sebagai piramida. Namun kini ada istilah "Panduan piring makan" yang bisa kalian ikuti untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan gizi.

Coach Tience menjabarkan untuk setengah piring makan berisi sayuran dan buah dengan beragam jenis dan warna, sekitar seperempat piring makan berisi makanan sumber protein dan lemak sehat, seperti ikan, ayam atau kacang-kacangan. Batasi konsumsi daging merah atau daging olahan seperti sosis.

Kemudian, seperempat piring makan berisi makanan sumber karbohidrat kompleks, seperti biji-bijian utuh, nasi merah, gandum utuh, atau pasta. Batasi konsumsi karbohidrat olahan, termasuk makanan manis seperti cake, biskuit, atau donat. Karena kandungan gulanya yang tinggi.

Coach Tience juga menganjurkan untuk menggunakan minyak sehat seperti minyak zaitun, minyak kedelai, minyak jagung, dan minyak kanola untuk mengolah makanan. "Hindari makanan yang mengandung banyak lemak jenuh dan lemak trans," terangnya.

Terakhir, sambung Coach Tience, konsumsi air putih yang cukup, minimal 8 gelas sehari. Batasi konsumsi susu dan beragam produk olahannya seperti keju atau krim, serta minuman yang manis termasuk jus buah. "Konsumsi susu sebaiknya hanya satu sampai dua gelas per hari dan jus segelas kecil sehari," ujarnya.

Dikatakan Coach Tience, apabila kalian mengonsumsi makanan yang sudah dikombinasikan seperti spageti yang dilengkapi bakso daging dan sayuran, bukan berarti makanan tersebut tidak dapat memenuhi panduan piring makan kalian.

Namun, masih dikatakan Coach Tience, upayakan agar porsi sayuran yang kalian konsumsi lebih banyak ketimbang protein dan pasta yang disajikan. "Batasi juga penggunaan saus siap pakai yang bisa saja mengandung banyak lemak dan garam.

Itulah tadi tiga cara yang harus kalian lakukan untuk memenuhi nutrisi pada tubuh kalian yang dilansir dari beberapa sumber. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber Nusantaraterkini.co