Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari bagi Kesehatan

Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari bagi Kesehatan

JAKARTA - Jalan kaki merupakan satu cara yang bisa membuat tubuh kalian sehat. Kenapa tidak, olahraga jalan kaki yang dilakukan secara rutin dapat memberikan manfaat untuk kesehatan mental dan fisik.

Manfaat jalan kaki bisa kalian rasakan apabila dilakukan secara rutin dengan kurun waktu selama 30 menit dan dilakukan setiap hari. Selain membuat tubuh menjadi lebih segar, jalan kaki selama 30 menit juga bisa menurunkan resiko penyakit yang lebih serius, seperti penyakit jantung dan obesitas.

Founder Of Powerfit Indonesia Martina Tience Kelyombar menjabarkan manfaat berjalan kaki selama 30 menit setiap hari harus dilakukan karena tubuh kalian membutuhkan waktu untuk bergerak. Jadi, akunya, kalian harus bisa memberikan porsi bagi tubuh untuk bergerak agar kalian lebih sehat dan tidak gampang sakit.

"Jangan hanya asupan makanan yang selalu kita berikan kepada tubuh. Agar tubuh sehat, bergeraklah setiap hari minimal dengan berjalan kaki selama 30 menit," kata wanita yang akrab disapa Coach Tience ini, Jumat (29/12/2023).

Maka dari itu, Coach Tience memberikan manfaat berjalan kaki selama 30 menit setiap hari bisa menjadikan tubuh kalian segar dan juga bisa memberikan dampak lebih kepada rutinitas. Manfaat jalan kaki, sambung Coach Tience sangat banyak diantaranya:

Menyehatkan Jantung

Melakukan jalan kaki selama 30 menit setiap hari sudah terbukti menurunkan risiko penyakit jantung koroner sebanyak 19 persen. Risiko tersebut, kata Coach Tience, akan semakin berkurang apabila kalian meningkatkan durasi atau jarak jalan kaki yang dilakukan.

Tambah Volume Paru-paru

Manfaat jalan kaki setiap hari dapat meningkatkan jumlah oksigen dalam peredaran darah. Hal ini, katanya dapat membantu orang bernapas lebih dalam dan lebih baik, penyakit paru-paru juga bisa diatasi karena jalan kaki.

"Ayo beri kesempatan bagi tubuh kalian untuk bergerak, minimal dengan berjalan kaki selama 30 menit setiap hari. Olahraga ini tidak memerlukan biaya dan bisa dilakukan di mana saja, tergantung niat kalian sendiri mau atau tidak untuk melakukannya," kata Coach Tience.

Meningkatkan Energi

Manfaat jalan kaki ternyata bisa meningkatkan energi. Bahkan, kata Coach Tience, ini dinilai lebih efektif daripada minum secangkir kopi. "Jalan kaki bisa membuat aliran oksigen ke seluruh tubuh jadi meningkat," ujar Martina Tience Kelyombar.

Selain itu, sambung Coach Tience, berjalan kaki juga dapat meningkatkan kadar kortisol, epinefrin, dan norepinefrin di mana ini merupakan hormon yang membantu meningkatkan energi.

Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Gejala flu atau pilek secara terus menerus biasanya dikarenakan sistem kekebalan tubuh yang melemah. Selain dari konsumsi makanan sehat, kata Coach Tience, berolahraga intensitas sedang seperti berjalan kaki juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kalian.

"Olahraga membantu meningkatkan jumlah sel kekebalan dalam tubuh. Jalan kaki juga akan menurunkan risiko kalian terkena gejala parah akibat penyakit menular," jelas Martina Tience Kelyombar.

Ia menjelaskan banyak manfaat dari jalan kaki yang harus kalian pahami. Manfaat dari jalan kaki akan kalian rasakan, apabila kalian melakukannya setiap hari selama 30 menit. "Jika kalian tidak bisa menyisihkan waktu sebanyak itu, cobalah untuk melakukan beberapa sesi singkat, misalnya 15 menit pada pagi dan 15 menit lagi saat sore hari," terangnya.

Kalian juga, sambung Coach Tience, bisa melakukannya secara perlahan dan bertahan bila jarang berolahraga sebelumnya. Misalnya, dimulai dengan 5 menit perhari pada minggu pertama. Kemudian, akunya, kalian tingkatkan lagi per minggunya hingga mencapai 30 menit dalam sehari.

Menenangkan Pikiran

Berjalan kaki di pagi hari sembari menghirup udara segar pasti sangat nyaman. Secara otomatis (tanpa disadari) membuat kalian lebih rileks, pikiran tenang, dan sanggup untuk beraktivitas sehari-hari.

Bahkan, masih dikatakan Coach Tience, berjalan kaki di pagi hari juga sangat dianjurkan untuk para penderita depresi. Berjalan kaki di pagi hari akan membuat otak kalian berpikir positif.

Itulah tadi 5 manfaat dari jalan kaki yang harus kalian lakoni apabila memilih untuk hidup sehat sehingga mengakibatkan rutinitas kalian berjalan dengan nikmat. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber Nusantaraterkini.co