Cara Memilih Durian yang Matang dan Manis

Cara Memilih Durian yang Matang dan Manis

JAKARTA - Durian, siapa yang tidak kenal dengan buah ini? Si raja buah ini memiliki aroma yang khas dan semerbak yang terkadang mengganggu sebagian orang. Meskipun begitu, rasa manisnya dan tekstur yang legit selalu menjadi dambaan.

Tapi, tidak sedikit orang mengetahui cara memilih durian yang matang dan manis saat membelinya. Kebanyakan memilih penjual untuk memilihkan buah durian yang hendak disantap.

Maka dari itu, nusantaraterkini.co mencoba menilik cara memilih buah durian yang matang dan manis agar kalian bisa mengetahuinya saat membeli sang raja buah ini.

Perhatian Bentuk Bulat dan Batang pada Durian

Jika kalian ingin memperoleh buah durian yang kuning dengan jumlah yang lebih banyak, maka pilihlah durian yang berbentuk bulat. Buah yang bentuknya lonjong memiliki daging yang lebih sedikit daripada berbentuk bulat.

Sementara, bentuk batangnya yang tebal dan pendek memiliki buah daging yang tebal dan banyak. Namun, apabila batang panjang dan ramping justru menandakan daging buah lebih sedikit dan tidak tebal.

Buah durian yang benar-benar segar memiliki ujung batang yang lembab dan ringan. Jika durian semakin lama jatuh dari pohon, maka semakin gelap dan kering ujung batangnya.

Bau yang Menyengat

Agar kalian mendapatkan buah durian yang manis dan matang, bisa diketahui dari baunya. Caranya cukup gampang, kalian dekatkan durian ke hidung lalu mencium aromanya.

Jika buah durian mengeluarkan bau yang menyengat, maka buah durian tersebut sudah matang. Namun, apabila bau buah durian masih samar-samar, maka sebaliknya cari buah durian yang lain.

Cermati Bentuk Durinya

Dalam memilih buah durian yang matang dan manis, kalian juga harus bisa mencermati bentuk durinya. Pilih durian dengan bentuk duri pendek dan jarang. Itu dipercaya lebih manis.

Sebaliknya, apabila kalian mendapatkan buah durian dengan duri panjang dan rapat, bisa jadi kalian akan mendapatkan buah durian dengan daging yang sedikit.

Lihat Bagian Bawah Durian

Apabila kalian menemukan buah durian yang berbentuk bulat, selanjutnya lihat pada bagian bawah buah durian. Jika kulit bagian bawa sudah merekah atau terbelah sedikit, sebaiknya jangan dibeli.

Pasalnya, apabila sudah merekah berarti sudah ada udara yang masuk ke dalam daging. Udara yang masuk akan memengaruhi rasa buah durian. Daging akan terasa lebih hambar atau manisnya berkurang secara signifikan.

Warna Kulit Durinya

Warna dari kulit buah durian bisa menunjukkan seberapa matang buah durian tersebut. Apabila warnanya hijau terang, berarti durian belum matang. Sedangkan, jika kulit duriannya berwarna cokelat, berarti buah durian tersebut sudah terlalu matang. Untuk mendapatkan buah yang matang dan sempurna, carilah durian yang memiliki kulit duri berwarna hijau dengan ujung berwarna cokelat.

Itulah tadi 5 cara memilih buah durian yang matang dan manis yang harus kalian ketahui sebelum membeli si raja buah tersebut. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber Nusantaraterkini.co