Begini Cara Memilih Sayuran yang Baik dan Sehat

Begini Cara Memilih Sayuran yang Baik dan Sehat

JAKARTA - Sayuran merupakan bahan pangan yang berasal dari tumbuhan dan memiliki kandungan air tinggi. Lantas, cara memilih sayuran yang baik dan sehat itu bagaimana?

Agar mendapat nutrisi yang maksimal, kalian harus memilih sayuran yang baik. Maka dari itu, Nusantaraterkini mencoba menilik cara memilih sayuran yang baik dan sehat dari berbagai sumber, seperti:

Sayuran Tidak Layu

Terutama untuk sayuran berdaun seperti bayam, kangkung, selada hingga sawi. Yang masih bagus memiliki tekstur cenderung keras dan warnanya hijau cerah.

Sayuran Bebas Pestisida

Ketika kalian menjumpai sayuran yang daunnya bolong dimakan ulat, jangan khawatir. Itu justru menandakan sayuran tersebut bebas dari pestisida.

Pilih Sayur yang Belum Dibersihkan

Ini mungkin terdengar aneh, tapi memang sayur yang belum dibersihkan. Artinya, masih terdapat sisa lumput atau tanah nyatanya lebih baik ketimbang sayur yang sudah dibersihkan. Pasalnya, sayur tersebut belum melalui proses apapun sehingga lebih sehat dan segar. Kalian baru boleh membersihkannya saat akan diolah menjadi masakan.

Hindari Sayuran yang Terlalu Matang

Sayuran yang terlalu matang cenderung kehilangan sebagian besar nutrisi dan menjadi tidak sehat. Hindari membeli sayuran yang terlalu matang atau yang memiliki bercak hitam atau rusak.

Perhatikan Ukuran Sayuran

Sesuaikan ukuran sayuran yang ukurannya sesuai dengan kebutuhan kalian. Hindari membeli sayuran yang terlalu besar atau terlalu kecil karena dapat memengaruhi kualitas dan rasanya.

Itulah tadi 5 cara memilih sayuran yang baik dan sehat untuk kalian konsumsi. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber Nusantaraterkini.co